NURLISA, NURLISA and Nurhayati, Nurhayati (2018) PENGARUH STRATEGI ROLE, AUDIENCE, FORMAT, TOPIC TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 INDRALAYA UTARA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_88201_06021281419072_0018076202_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (744kB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06021281419072_0018076202_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (316kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281419072_0018076202_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (232kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281419072_0018076202_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (448kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281419072_0018076202_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (179kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281419072_0018076202_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (181kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281419072_0018076202_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran RAFT terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII.A yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.D yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas yang diberi perlakuan menggunakan strategi pembelajaran RAFT sedangkan kelas kontrol merupakan kelas dengan strategi pembelajaran kovensional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 59,17 dan kelas kontrol 59,86. Sementara nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen 81,27 dan kelas kontrol 74,37. Dari hasil perhitungan uji-t membuktikan bahwa thitung > ttabel = 3,516 > 2,002 dengan df = 58 pada tingkat signifikansi 95% (α = 0,025). Dengan demikian, Ha yang berbunyi “Ada perbedaan kemampuan menulis teks antara siswa yang diajar menggunakan strategi RAFT dan siswa yang diajar menggunakan strategi kovensional kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Utara diterima. Kesimpulan, strategi pembelajaran RAFT berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Utara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, strategi RAFT, menulis teks deskripsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 02 Oct 2019 03:22 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 03:22 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/9981 |
Actions (login required)
View Item |