NIZAR, DINO and Jaenudin, Riswan and Koryati, Dewi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 5 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_87203_06031381520048_0020126401_0022086402_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
RAMA_87203_06031381520048_0020126401_0022086402_02.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (182kB) |
|
Text
RAMA_87203_06031381520048_0020126401_0022086402_03.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (214kB) |
|
Text
RAMA_87203_06031381520048_0020126401_0022086402_04.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (294kB) |
|
Text
RAMA_87203_06031381520048_0020126401_0022086402_05.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (82kB) |
|
Text
RAMA_87203_06031381520048_0020126401_0022086402_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (99kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06031381520048_0020126401_0022086402_07_lamp.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Palembang. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 peserta didik dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data melalui uji hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu regresi sederhana, korelasi product moment, koefisien diterminan dan uji-t dan diperoleh thitung = 35,11 > ttabel =1,66 maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang. Saran peneliti dalam menerapkan model pembelajaran problem based learning harus mampu menjelaskan langkah-langkah dari model pembelajaran problem based learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1) |
Depositing User: | Users 204 not found. |
Date Deposited: | 25 Jul 2019 08:00 |
Last Modified: | 26 Jul 2019 20:04 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/786 |
Actions (login required)
View Item |