IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @pemkab.oganilir TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS

GINTING, THERESIA ANDRINA BELLA and Putra, Apriansyah (2024) IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @pemkab.oganilir TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_ 57201_09031282025052.pdf] Text
RAMA_ 57201_09031282025052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 57201_09031282025052_ TURNITIN.pdf] Text
RAMA_ 57201_09031282025052_ TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 57201_09031282025052_ 0208047701_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_ 57201_09031282025052_ 0208047701_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (867kB)
[thumbnail of RAMA_ 57201_09031282025052_ 0208047701_02.pdf] Text
RAMA_ 57201_09031282025052_ 0208047701_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (488kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 57201_09031282025052_ 0208047701_03.pdf] Text
RAMA_ 57201_09031282025052_ 0208047701_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (556kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 57201_09031282025052_ 0208047701_04.pdf] Text
RAMA_ 57201_09031282025052_ 0208047701_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (752kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 57201_09031282025052_ 0208047701_05.pdf] Text
RAMA_ 57201_09031282025052_ 0208047701_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 57201_09031282025052_ 0208047701_06_ref.pdf] Text
RAMA_ 57201_09031282025052_ 0208047701_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 57201_09031282025052_ 0208047701_07_lamp.pdf] Text
RAMA_ 57201_09031282025052_ 0208047701_07_lamp.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)

Abstract

Instagram adalah platform yang paling popular di kalangan masyarakat saat ini. Tidak hanya sebagai alat komunikasi, Instagram dapat sebagai tempat mencari dan berbagi informasi. Pemerintahan Kabupaten Ogan Ilir adalah salah satu instansi pemerintahan yang menggunakan Instagram dalam menyebarkan informasi tentang daerahnya kepada masyarakat. Instagram @pemkab.oganilir memiliki 5,9 ribu followers dan 3,6 ribu postingan pada Oktober 2023, tetapi dengan jumlah followers yang begitu banyak, tampaknya tidak ada interaksi video atau foto. Hanya dua puluh hingga lima puluh akun biasanya memiliki jumlah like dan komen pada postingan. Menurut (Chris Heuer dalam buku Solis (2010)) terdapat 4 Indikator yang harus ada di media sosial, yaitu Indikator 4C. Hal tersebut meliputi, Context, Communication, Collaboration, dan Connection. Menurut Syaffril ada 4 pendekatan agar mengetahui informasi seperti apa yang dibutuhkan pengguna dalam memenuhi kebutuhan informasinya diantaranya : Current need approach, Everyday need, Exhaustic need approach dan Catching up need approach. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan metode analisis data yaitu PLS-SEM. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Analisis data dilakukan menggunakan SmartPls dengan pengujian outer model dan inner model. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa nilai koefisien parameter variabel context, communicaton, collaboration dan connection bernilai positif. Nilai t-value variabel context, collaboration dan connection lebih besar dari t-tabel 1,96 dan nilai p-value lebih kecil dari 0.05. Sedangkan variabel nilai t-value pada variabel communicaton lebih kecil dari t-tabel 1,96 dan nilai p-value lebih besar dari 0.05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa context, collaboration dan connection berpengaruh positif secara signifikan terhadap variabel kebutuhan informasi sedangkan communicaton berpengaruh positif tidak signifikan terhadap variabel kebutuhan informasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Government, Media Sosial Instagram, Kebutuhan Informasi
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology (General) > T15 General works
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 57201-Information Systems (S1)
Depositing User: Theresia Andrina Bella br Ginting
Date Deposited: 22 May 2024 07:41
Last Modified: 22 May 2024 07:41
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/145192

Actions (login required)

View Item View Item