SARI, DITTY AMALIA RATNA and Yosef, Yosef and Laihat, Laihat (2013) PENERAPAN LAYANAN DASAR BIMBINGAN AKADEMIK TERPADU DALAM PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI KELAS V SD NEGERI 130 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_86206_06091413052_0023036204_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (466kB) | Preview |
Text
RAMA_86206_06091413052_0023036204_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (223kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06091413052_0023036204_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (254kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06091413052_0023036204_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (368kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_86206_06091413052_0023036204_05.pdf Download (89kB) | Preview |
Text
RAMA_86206_06091413052_0023036204_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (89kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06091413052_0023036204_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (290kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan layanan bimbingan akademik terpadu dalam pembelajaran IPA berbasis Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar dan hasil bimbingan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimen Designs dengan menggunakan bentuk One Group Pretest-Posttest Designs. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 130 Palembang dengan jumlah 39 siswa. Prosedur penelitian ini dilaksanakan (1) tahap persiapan yaitu observasi, menentukan subjek, perangkat pembelajaran, melakukan validitas instrument, menentukan kelompok siswa; (2) tahap pelaksanaan yaitu tes awal (pretest), memberikan perlakuan, dan tes akhir (posttest); (3) Tahap analisis data yaitu pengolahan analisis data hasil tes dan angket serta menyimpulkan hasil analisis data tes dan angket. Hasil Analisis data menggunakan uji hipotesis teknik Wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh positif yang secara signifikan hasil belajar terhadap penerapan layanan bimbingan akademik (ttabel =-5.51 < thitung=271) dan terdapat pengaruh positif yang secara signifikan hasil bimbingan terhadap penerapan layanan bimbingan akademik (ttabel = -6.25 < thitung=271). Dalam penelitian ini peneliti menyimpulkan penerapan layanan dasar bimbingan akademik terpadu dalam pembelajaran IPA berbasis Student Team Achiement Division (STAD) terdapat pengaruh positif antara hasil belajar dan hasil bimbingan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Akademik, IPA, Student Team Achievement Division (STAD) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2381-2391 Academic degrees |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1) |
Depositing User: | Users 2682 not found. |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 07:46 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 07:46 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18631 |
Actions (login required)
View Item |