FIKRI, MIFTAH EL and Effendi, Chairani and Nailis, Welly (2010) PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI BNI TAPLUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SRIWIJAYA (STUDI KASUS PRODUK BNI TAPLUS). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_61201_01071001075.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (36MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_61201_01071001075_0010077404_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Preview |
Text
RAMA_61201_01071001075_0010077404_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_61201_01071001075_0010077404_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_61201_01071001075_0010077404_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_61201_01071001075_0010077404_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_61201_01071001075_0010077404_06.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_61201_01071001075_0010077404_07_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (649kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_61201_01071001075_0010077404_08_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pada Penelitian ini penulis meneliti pengaruh dari Ekuitas merek yang terdiri dari empat elemen yaitu Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Kesan Kualitas Merek dan Loyalitas Merek terhadap keputusan nasabah menabung di BNI Taplus. Tujuan dari penelitian ini untuk 1) mengetahui elemen mana dari Ekuitas Merek yang paling mempengaruhi keputusan nasabah menabung di BNI Taplus, dan 2) mengetahui seberapa besar Ekuitas Merek mempengaruhi keputusan nasabah menabung di BNI Taplus. Responden pada penelitian ini berjumlah 100 responden yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Inderalaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari hasil uji t variabel kesan kualitas merek dan loyalitas merek mampu mempengaruhi keputusan nasabah menabung di BNI Taplus dengan persamaan Y = 1,744 + 0,545 X3 + 0,355 X4. Variabel dari ekuitas merek yang paling besar mempengaruhi keputusan nasabah menabung di BNI Taplus adalah yaitu kesan kualitas merek sebesar 0,545, kemudian ekuitas merek memiliki nilai koefisien regresi (determinasi) sebesar 0,715, berarti 71,5% variasi dari ekuitas merek dapat menjelaskan variabel keputusan nasabah sedang sisanya sebesar 28,5% lagi dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini dan dianggap tetap, misalnya promosi, harga, differensiasi produk, positioning produk dan lainlain. Maka, sebaiknya pihak BNI dengan program simpanan BNI Taplusnya harus bisa meningkatkan kesan kualitas mereknya, karena kesan kualitas merek merupakan salah satu pertimbangan utama konsumen dalam menabung di BNI Taplus pada penelitian ini. Kesan kualitas merek BNI Taplus dapat ditingkatkan, dengan meningkatkan kualitas ATM dalam kecepatan transaksi dan melakukan penarikan dengan berbagai jumlah pecahan rupiah dari nominal terkecil hingga terbesar, meningkatkan kualitas sistem antrian teller dalam hal kecepatan kinerjanya, memberikan pelatihan ataupun modul bagi nasabah yang ingin bertransaksi dari Mobile Banking ataupun Internet Banting, sehingga nasabah semakin termotivasi dan memiliki sikap yang baik terhadap produk BNI Taplus. Kemudian BNI harus lebih sering melakukan acara, promosi ataupun program yang dapat meningkatkan loyalitas konsumen melalui lingkungan terdekat dari konsumen itu sendiri seperti keluarga, teman, media elektronik dan media cetak, sehingga konsumen menjadi nasabah yang komitmen dan menyukai merek karena itu merupakan tingkatan tertinggi dari loyalitas merek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Kesan Kualitas Merek, Loyalitas Merek dan Keputusan Nasabah |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives |
Divisions: | 01-Faculty of Economics > 61201-Management (S1) |
Depositing User: | Tiara Hilda Safitri Rts |
Date Deposited: | 09 Apr 2021 02:39 |
Last Modified: | 09 Apr 2021 02:39 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/45328 |
Actions (login required)
View Item |